Profil Silalahi Projects

shape image

Profil Silalahi Projects

 

         PROFIL

          SILALAHI PROJECTS

                                                    
 

JL. TUGU RAJA SILAHISABUNGAN NO. 42

DUSUN SIDEBANG, SILALAHI III

KEC. SILAHISABUNGAN

HP. 0821 1000 7512

 

PENDAHULUAN

I.     Latar Belakang.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kemampuan dalam dunia komputerisasi juga menjadi satu dari sekian banyak hal yang wajib dipahami dan setidaknya dimengerti dengan baik demi menjadi salah satu kemampuan dalam menjalani persaingan dunia yang semakin mengglobalisasi, dimana artinya setiap siswa di harapkan mampu bersaing dengan baik, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara dengan semakin berkembangannya sistem pendidikan di dalam negeri, sebut saja dari Kurikulum KTSP yang dimana “TIK” masih menjadi salah satu mata pelajaran wajib, AKHIRNYA di tiadakan dalam kurikulum terbaru yang di terapkan dalam sekolah sekolah (SD, SMP dan SMA), dimana untuk saat ini kurikulum yang berlaku adalah K13 (Kurikulum 2013).

Seperti tersebut diatas, K13 meniadakan atau menghapus mata pelajaran “TIK” dari mata pelajaran wajib, dimana dalam hal ini, siswa-siswi “dianggap” sudah mampu dalam hal mengoperasikan Komputer/Laptop dengan baik!

Namun pada kenyatannya, masih lebih dari 25% dari seluruh siswa-siswi di Indonesia yang tidak memahaminya (Pengoperasian Komputer). Hal ini dapat kita buktikan ketika proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) , dimana hanya dalam proses pengetikan saja, masih “ada” beberapa siswa-siswi yang tidak mahir dalam mengoperasikannya.

Pemenuhan kebutuhan pendidikan baik formal maupun non – formal sangat dibutuhkan karena hal ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini demi mewujudkan cita-cita Negara Republik Indonesia yang tertuang dalam “Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4” yang berbunyi :

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Dalam alinea ke 4 tersebut diatas, jelas di sebutkan, “Mencerdaskan kehidupan bangsa,”

Ada dua jenis pendidikan yang kita kenal di masyarakat kita, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal (seperti kursus komputer, les Bahasa Inggris, Homeschooling dan termasuk Bimbingan Belajar dan lain-lain). Pendidikan formal jelas tujuannya untuk memperoleh jenjang keberhasilan yaitu kelulusan. Disini kita akan mendapatkan titel seperti sarjana muda, sarjana, magister dan sebagainya.

Dalam hal ini pendidikan luar sekolah memiliki peranan yang tidak kalah penting, Pendidikan ini berfungsi untuk membantu peserta didik untuk memaksimalkan potensinya yang mungkin belum seluruhnya bisa diperoleh melalui jenjang pendidikan formal.

Baik tidaknya mutu dan kualitas jasa sebetulnya sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang diberikan kepada customer. Apabila fasilitas yang diberikan itu memadai maka bukan tidak mungkin jika usaha yang kita jalankan akan memenuhi baik mutu maupun kualitasnya. Adapun jenis fasilitas pokok yang seharusnya diberikan pada customer antara lain, yaitu pemberian materi dan teknik pengajaran yang lain daripada yang lain. Hal yang paling berperan dalam memenuhi kepuasan cutomer adalah para staf pengajarnya. Sistem pengajaran yang memuaskan akan menjadi senjata ampuh dalam mengembangkan usaha tersebut.

Mengenai permasalahan di atas, maka saya tertarik untuk mengembangkan usaha dalam bidang jasa pendidikan. Hal yang cukup menarik disini adalah penggunaan modal dan sumber daya manusia yang terbatas namun mampu memberikan pelayanan yang terbaik sebagai solusi yang digunakan untuk meminimalkan contribusion margin, sehingga diharapkan bimbingan belajar yang dijalankan memiliki pengeluaran yang rendah, maka biaya yang ditawarkan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat yang ingin mengikuti bimbingan belajar. Oleh karena itu, dengan argumentasi latar belakang inilah kami membuka “LESSP (LES Silalahi Project)” sebagai sahabat cerdas belajar membantu para peserta didik untuk mencapai target belajar yang diharapkan.

Dan kemudian, Mengingat Danau Toba sudah menjadi 1 (satu) dari 5 (Lima) Tujuan wisata SUPER PRIORITAS pemerintah Republik Indonesia, kita harus membenahi diri, termasuk adik adik dengan membekali mereka untuk mempu menjadi PELAKU wisata, dengan meningkatkan kemampuan dibidang Bahasa Inggris & juga Ilmu Komputer.

Untuk menjadi pelaku wisata, kita harus berbenah, SEKARANG!


II.        Maksud dan Tujuan

Manfaat dan tujuan pelaksanaan program pendidikan ini :

1.       Mempersiapkan kemampuan dan keterampilan setiap peserta program untuk membenahi diri baik secara individu maupun kelompok untuk menjadi pelaku usaha dalam industri pariwisata yang dimana industri ini adalah prioritas utama program pemerintah sesuai dengan informasi yang sudah diberitakan di berbagai media terkait dengan program super prioritas pengembangan wisata di indonesia.

2.       Untuk mengantisipasi masyarakat kecamatan silahisabungan secara khususnya muda – mudi hanya menjadi penonton dalam kemajuan daerah silahisabungan.

3.       Memberikan dorongan kepada setiap masyarakat khususnya kaum milenial untuk memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai salah satu alat dalam proses pembangunan dan pengembangan kemajuan perekonomian desa.

III.   AWAL PROGRAM

Program pembelajaran ini sudah dimulai pada bulan Oktober 2021

IV.    BIDANG STUDI, JUMLAH PERTEMUAN DAN ALOKASI WAKTU

a.   Bidang Studi yang diberikan sebagai berikut

1. Tingkat SD/MI/Sederajat :

i.     Pengetahuan Dasar Komputer

ii.    Bahasa Inggris

iii.   Matematika

iv.   Kelas Kreatif

2. Tingkat SMP/MTS/Sederajat :

i.     Ilmu Komputer

ii.    Ilmu Desain Grafis

iii.   Bahasa Inggris

iv.   Kelas Kreatif

3. Tingkat SMA/MA/Sederajat

i.     Ilmu Komputer

ii.    Komputer Jarkom

iii.   Komputer Multimedia

iv.   Bahasa Inggris

v.    Kelas Kreatif

4. Tingkat UMUM / Alumni:

i.     Aplikasi Perkantoran

ii.    Ilmu Komputer

iii.   Sosial Media Menajemen

iv.   Kelas Kreatif (Putus Sekolah)

b.   Jumlah pertemuan dan alokasi waktu yang diberikan sebagai berikut

1. Pertemuan wajib belajar dalam kelas sebanyak dua kali dalam seminggu.

2. Setiap pertemuan sebanyak dua sesi pembelajaran dan dua sampai tiga bidang studi  yang diberikan, setiap sesi dialokasikan 45 menit.

3. Diluar jam wajib belajar diatas, peserta program les dianjurkan untuk berkonsultasi dan berdiskusi setiap kali ada permasalahan dalam pembelajaran, yang dilaksanakan diluar jam wajib belajar.

 

JADWAL UNTUK 1 KELAS DALAM SEMINGGU

Hari / Tanggal

Bidang Studi

Waktu

Pengajar

Senin / 01-10-22

Komputer

15.00 – 17.00 WIB

Ronald

Senin / 01-10-22

Bhs. Inggris

17.00 – 19.00 WIB

Mrs. Asni

Selasa / 02-10-22

MTK

15.00 – 17.00 WIB

Leli

Rabu / 03-10-22

Kelas Kreatif

15.00 – 17.00 WIB

Marvin

 

V.       SARANA BELAJAR

 Sarana belajar pokok yang dipakai dalam proses pembelajaran adalah :

  1. BSE (Buku Sekolah Elektronik) panduan yang berisi materi pembelajaran.
  2. Modul dan lembar kerja siswa yang berisi latihan – latihan soal disetiap akun online yang akan dibuatkan untuk para peserta program  Pendidikan les gratis.
  3. Komputer/Laptop Invertaris Silalahi Project + Komputer/Laptop Donasi yang dapat digunakan secara bergiliran (Jumlah masih terbatas)
  4. Proyektor (Belum tersedia) yang dapat digunakan selama proses belajar mengajar
  5. Perpustakaan Mini sebagai bahan tambahan dalam proses pembelajaran peserta program.

 

VI.     PROGRAM EVALUASI BELAJAR

No.

Jenis Evaluasi

Waktu

Tujuan Evaluasi

01.

Test Bulanan

1 bulan sekali

Mengukur kemampuan peserta program les dalam penguasaan materi pembelajaran yang diberikan.

02.

Ujian Praktek Bulanan

1 bulan sekali

Mengukur kemampuan peserta program les dalam penguasaan praktik pembelajaran dalam kurun waktu perbulan

03.

Ujian Tri Wulan

Menyesuaikan

-

04.

Ujian Semester

Menyesuaikan

-

05.

Kompetensi

Menyesuaikan

- Setiap Peserta Program yang memiliki kapasitas akan mendapatkan Sertifikat

 

VII.   PROGRAM BELAJAR

Program belajar yang kami berikan sebagai berikut :

ü DAIRI (DApat Ilmu Raih PrestasI)

Program ini dikhususkan untuk peserta program les kelas 5-6 SD,  SMP dan SMA, yang ditargetkan untuk mencapai pemahaman Ilmu Komputer dan penerapannya. Program ini dilaksanakan dari awal program dimulai sampai akhir.

ü SINGSO (SING a SOng)

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta program les dalam ilmu pengetahuan Bahasa Inggris dan Jerman. Program ini dilaksanakan 2X sebulan.

ü MISHOP (Mahir Ilmu PhotoSHOP)

Program ini dikhususkan untuk peserta didik kelas SMP, yang berisi materi dan latihan soal Ilmu Aplikasi Photoshop, peserta didik ditargetkan untuk mampu dengan baik menggunakan Aplikasi Program Photoshop. Program ini dilaksanakan dari awal program les sampai akhir.

 

VIII.     BIAYA PENDIDIKAN SILALAHI PROJECT PERTAHUN

 Biaya Pendidikan Reguler Satu Tahun

No.

Tingkat

Biaya Pendaftaran

Biaya Pendidikan

01.

SD

GRATIS !

GRATIS !

02.

SMP

GRATIS !

GRATIS !

03.

SMA

GRATIS !

GRATIS !

04.

UMUM

GRATIS !

GRATIS !

 

IX.    JADWAL MULAI PROGRAM 

Untuk jadwal pendaftaran program di mulai sesuai dengan jadwal yang sudah di rancang oleh tim Silalahi Project dapat di lihat dalam daftar berikut :

  • KOMPUTER              : 29 Oktober 2021
  • BHS. INGGRIS          : 23 November 2021
  • MTK                            : 18 November 2021
  • KREATIF                   : 15 Januari 2022
  • MANDARIN              : Penyusunan Konsep

 

X.      KUOTA PROGRAM

Untuk kuota program awal dibatasi sampai 100 orang, Informasi Peserta Program Terlampir dapat dilihat secara Online di Blog Silalahi Projects di https://S.id/SilalahiProjects

XI. LOKASI & CARA DAFTAR

Untuk proses pendaftaran bisa langsung ke Lokasi Program Les Silalahi Project yang beralamat di : Jl. Tugu Raja Silahisabungan No. 42, Dusun Sidebang, Silalahi III,  Kec. Silahisabungan (Dekat Binanga Sibolahuta) Atau bisa langsung mendaftarkan diri melalui website Silalahi Project di https://S.Id/SilalahiProjects

XII. PEMBIAYAAN PROGRAM

Adapun baiaya program yang dibutuhkan untuk Program Les pendidikan ini dalam kurun waktu satu bulan, kami perkirakan dalam kisaran 8-10 juta, hal ini meliputi beberapa hal, seperti : Pembayaran Listrik, Pembayaran Air, Air Minum Peserta Les, ATK, Akomodasi, dll.

 

XIII.  PELAKSANAAN KEGIATAN

Program sudah berjalan, namun belum maksimal dikarenakan kurangnya akomodasi dan peralatan untuk mendukung proses program pendidikan tersebut. Diharapkan akan ada pihak pihak pemerhati baik dari pemerintah maupun swasta, kelompok, organisasi dan lain sebagainya, hal ini demi memudahkan proses program pendidikan ini berjalan dengan baik untuk tujuan mancapai hasil yang maksimal sesuai Visi dan Misi dari Silalahi Project.

XIV.   PENUTUP

 

Mengingat pentingnya para peserta program les mengetahui berbagai informasi strategi dan latihan dalam proses pembelajaran, maka kami berharap adanya dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak dalam mendukung program Les Gratis Silalahi Projects ini seperti yang di jelaskan diatas. Semoga dengan adanya program Les Gratis Silalahi Projects ini, dapat membawa peserta program les mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas dibidang ilmu Komputer dan ilmu Pendidikan lain sesuai dengan kelas mata pelajaran tersebut diatas dan membentuk pribadi siswa bermoral dan beretika yang baik sebagai agen perubahan dimasa yang akan datang serta mampu membantu dalam proses peningkatan perekonomian desa desa yang ada di Kecamatan Silahisabungan melalui teknologi dan ilmu yang didapatkan.

Semoga dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa,

kita dapat membangungenerasi yang berwawasan keilmuan tinggi 

yang berorientasi kesuksesan dimasa depan dapat tercapai dengan 

lancar. Amin. Terima kasih.


 

Silalahi,    @ 2022

 

 

 

PIMPINAN

 

BENDAHARA

 

                 TTD

 

    _________________

FIRMAN RONALD

 

 

                     TTD

 

  _____________________

MARVIN SIDABARIBA

 

 

 

 

MENGETAHUI

 

PEMBINA 1                                     PEMBINA 2

 

                   TTD                                                   TTD

 

________________________                        _______________________

Drs. Berlin Situngkir, MBA                    Tiopulus Sidebang

 

 

PROFIL SILALAHI  PROJECTS

 

A.     Identitas

  1. Nama Program         : Program Pendidikan LES
  2. Organisasi Induk      : Karang Taruna Kecamatan Silahisabungan
  3. Alamat                       : Jl. Tugu Raja Silahisabungan No. 42 Dusun Sidebang, Silalahi III  Kec. Silahisabungan
  4. Lokasi / Tempat        : Sewa / Kontrak 
  5. Nomor Rekening      : 3215 0100 3357 509
  6. Atas Nama                 : MARVINDRA SIDABARIBA


SUSUNAN PENGURUS

  1. Pembina 1     : Drs. Berlin Situngkir, MBA
  2. Pembina 2     : Tiopulus Sidebang
  3. Pimpinan       Firman Ronald Heppy Zendato
  4. Bendahara     Marvin Sidabariba
  5. Tim Pengajar

  • Komputer                     : Firman Ronald Heppy Zendato
  • Bahasa Inggris             : Asnija siregar S.Pd
  • Matematika                  : Lely Zaelani Sidabutar
  • Kelas Kreatif                : Marvin Sidabariba

 

 

DATA, DOKUMENTASI, DLL

 

  1. Data Peserta Les              : Terlampir di website
  2. Jadwal Les                          : Terlampir di website
  3. Dokumentasi                     : Terlampir di website

  

Catatan :

1.   Data dan Dokumentasi serta hal lainnya dapat dilihat secara online di Sosial Media dan Blog Silalahi Project di Link berikut : https://s.id/SilalahiProjects

2.   Saran, kritik serta masukan yang membangun dapat disampaikan via kontak kami di lokasi kami atau melalui sosial media, email : SilalahiProjects@gmail.com

 

 

 

 

Silalahi ,        2022

 

 

PIMPINAN

 TTD

________________

FIRMAN RONALD



Di posting oleh : Admin Karang Taruna Silahisabungan.

© 2023 Tim Admin

Silalahi Projects ♥

Formulir Donasi

Komunikasi ini membutuhkan aplikasi WhatsApp.

Chat Admin